Sedikit Curhat dan Renungan



Dua foto di atas adalah foto kedua anak saya. Aqila Sofie Wicaksono (3,5 tahun) dan Azalea Keinarra Wicaksono (1,5 tahun).

Setelah Kakak lahir, hidup saya pun berubah. Yang dulunya setiap malam selalu tidur nyenyak, menjadi hampir tidak pernah lagi karena Kakak sering sekali terbangun di malam hari untuk nenen. Bahkan sampai usia 3 bulan, Kakak suka sekali begadang.
Capek itu pasti. Ngantuk juga iya. Menikmati saat-saat makan? Jarang sekali terjadi karena di tengah-tengah makan, Kakak terkadang merengek, pipis, atau pup.

Ketika Kakak berumur 15 bulan, saya hamil 5 minggu. Tantangan terberat waktu itu adalah meyakinkan orang-orang di sekitar bahwa menyusui ketika hamil (nursing while pregnant) itu boleh (tentu saja dengan syarat dan ketentuan berlaku ya).

Dan ketika Kakak berumur 23 bulan, lahirlah Adek. Setelah Adek lahir barulah saya tahu, capeknya mengurus 1 batita tidak ada apa-apanya dibanding 2 batita. Apalagi ditambah menyusui 2 batita. Super sekali. Jadi nyesel kenapa dulu pas masih punya anak 1 sering mengeluh capek sama suami. 

Tidak mudah memang hari-hari yang saya lalui sejak itu. Begadang, ngantuk, capek, dan masuk angin sudah menjadi menu hampir setiap hari. Mengeluh? Sudah mulai saya kurangi. Saya mulai menikmati semuanya. Menikmati segala rasa baik yang enak maupun tidak enak. 

Sekarang, melihat Kakak dan Adek sudah besar. Kakak sudah sekolah. Dan saya merasa sangat kehilangan momen-momen rempong beberapa waktu lalu. Betapa waktu berjalan sangan cepat. Terkadang, ingin sekali kembali ke masa Kakak atau Adek masih bayi. Saya sudah menghabiskan sebagian besar waktu saya bersama anak-anak di rumah. Tapi rasanya seperti melewatkan begitu saja masa bayi mereka. 

Semakin mereka besar semakin mereka mengerti dan menangis ketika saya ada jadwal les di luar. Dan inilah salah satu alasan saya untuk bekerja di rumah dan berencana mulai semester depan mundur dari bimbingan belajar. 
Semoga diberi kelancaran dan kemudahan mengerjakan bisnis Oriflame dan warung sehingga bisa menemani anak-anak selalu. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar

Kerja di Rumah

Bisnis Mama Arini

Diberdayakan oleh Blogger.

Bisnis MamaArini